happynet

teks tanya jawab

BERITA IPTEK & TEKNOLOGI DI INDONESIA

Hebat ! Pesawat Buatan Siswa SMK Indonesia

happynetpandan 20 agustus 2009

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 29 Jakarta dikenal dan merupakan sekolah penerbangan dan tampaknya sekolah di SMK ini tidak hanya mempelajari tentang teori mesin pesawat, namun juga membuat pesawat terbang.
selanjutnya ↓

Saat ini para siswa SMKN 29 ini sudah mampu membuat sebagian kecil komponen pesawat seperti panel horizontal, stabilizer dan engine cowling dan juga sudah mampu membuat pesawat meskipun sebagian besar komponen masih harus diimport.

Foto Pesawat Jabiru J200


Salah satu hasil karya pesawat buatan siswa SMKN 29 ini telah dipamerkan di Arena Pekan Raya Jakarta, bernama ” Jabiru:J200 “. Menurut Agung Nugroho, salah satu dari 4 siswa SMKN 29 yang membuat dan merakit pesawat terbang dengan dua tempat duduk ini, nama jJabiru diambil dari nama burung di Australia.

Selain pesawat tersebut, ternyata para siswa tersebut juga sudah membuat dan merakit lima pesawat terbang lainnya dengan empat tempat duduk dan saat ini disimpan di Lapangan Terbang Pondok Cabe, Tangerang.

Jabiru:J200 yang bermesin tunggal buatan siswa SMKN 29 ini tidak seperti pesawat lainnya yang selalu menggunakan bahan bakar avtur, namun pesawat karya para siswa ini menggunakan bahan bakar pertamax 95 dan memiliki kemampuan terbang selama 8 jam nonstop dengan menghabiskan bahan bakar 140 liter pertamax 95.
sumber : http://yepiye.wordpress.com/2009/05/23/foto-hebat-pesawat-buatan-siswa-smk-indonesia/

Pesawat Jabiru:J200 hasil buatan para siswa SMKN 29 ini telah diuji terbang oleh para instruktur para siswa dari FASI sampai ke Riau dan Kuala lumpur (Malaysia). (heppynetpandan)

Indonesia Jadi Bagian Tim Keamanan Internet Dunia


happynetpandan 22 agustus 2009
Tangung jawab ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team of Internet Infrastructure) saat ini tidak lagi hanya mengurusi keamanan internet di Indonesia. Sebab, lembaga yang masih seumur jagung itu telah diterima sebagai anggota APCERT (Asia Pacific Computer Emergency Response Team).

Dengan demikian, ID-SIRTII telah menjadi bagian dari kegiatan keamanan internet di dunia. Melalui pertemuan pengurus APCERT yang diselenggarakan pada tanggal 5 Maret 2009, ID-SIRTII telah disetujui sebagai General Member APCERT.

Keanggotaan APCERT sendiri terbagi dalam dua kategori, yakni General Member dan Full Member. General Member adalah CSIRT (Computer Incident Response Team) atau CERTs (Computer Emergency Response Team)

yang berada di negara Asia Pasifik.

Secara organisasi tidak ada perbedaan mendasar dari General member dan Full Member. Hanya saja General Member tidak memiliki hak untuk memilih atau dipilih di dalam kepengurusan APCERT. General Member pun bila dianggap telah memenuhi kriteria tertentu dapat menaikkan status keanggotaannya menjadi Full Member.

Roy Ko, Chairman APCERT yang juga Manager pada Hong Kong Cert (HKCERT) selaku perwakilan dari APCERT menyampaikan bahwa seluruh anggota APCERT memiliki peran untuk berbagi informasi dan pengetahuan di bidang keamanan internet untuk meningkatkan kualitas pemanfaatan internet khususnya yang berkenaan dengan kegiatan pengamanan internet.

Ia menambahkan, pihaknya berharap dengan masuknya ID-SIRTII di dalam keanggotaan APCERT dapat terjalin kerjasama di antara organisasi CERTs/CSIRT baik di dalam maupun di luar APCERT.

Sebagai komitmen pada pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan kegiatan keamanan internet, ID-SIRTII bersama 7 penyedia jasa internet menyelenggarakan drill test pada 18 Juni 2009. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan di APCERT khususnya dalam penanganan insiden yang terindikasi sebagai sebuah serangan, termasuk strategi penanganan dan pengamanan terhadap serangan dimaksud.

Kegiatan drill test tersebut menurut rencana akan dilakukan beberapa kali dengan para penyedia jasa internet. Melalui kolaborasi dengan penyedia jasa internet, diharapkan pemanfaatan internet di Indonesia akan menjadi optimal. Dalam diskusi dengan para penyedia jasa internet, diharapkan pada drill test berikutnya dapat melibatkan penyedia jasa internet di seluruh Indonesia.

“Tentunya sebagai Coordination CERT, kita tidak bisa main-main lagi karena saat ini seluruh kegiatan ID-SIRTII yang berhubungan dengan kegiatan keamanan informasi dipantau oleh dunia internasional,” tegas Eko Indrajit, Ketua Pelaksana ID-SIRTII dalam keterangan tertulis yang diterima happynetpandan, kamis (22/8/2009).

SMAN 7 Surabaya Punya Lab Nuklir

happynetpandan, kamis (22/8/2009).
Surabaya- Kepala diseminasi Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Eko Parmanto meresmikan laboratorium pusat informasi ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) nuklir di SMA Negeri 7 di kawasan Ngaglik.
baca selengkapnya ↓

sumber :http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=6c1e55ec7c43dc51a37472ddcbd756fb&jenis=c81e728d9d4c2f636f067f89cc14862c&PHPSESSID=9ccc9e300e49de653a40d6f5ea498eb1

Surabaya- Kepala diseminasi Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Eko Parmanto meresmikan laboratorium pusat informasi ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) nuklir di SMA Negeri 7 di kawasan Ngaglik, Sabtu (20/12) pagi tadi.

Selain meresmikan laboratorium, Eko juga menyerahkan seperangkat alat laboratorium nuklir berupa alat pengukuran radiasi, alat pencacah nuklir dan alat pembaca hasil penelitian. Alat-alat tersebut diterima Kepala Dinas Pendidikan Surabaya, Sahudi.

Laboratorium ini adalah yang pertama di Jawa Timur. Secara nasional, hanya ada lima laboratorium serupa di Indonesia.

Ke depannya, SMAN 7 diharapkan bisa menjadi pusat pengembangan teknologi nuklir di SMA-SMA negeri lain di Jatim. SMAN 7 juga telah menandatangani MOU untuk mengembangkan teknologi nuklir untuk SMA di Jatim

Kepala Sekolah SMAN 7, Drs Sudarminto MPd berharap agar siswa SMAN 7 tidak lagi asing dengan teknologi tinggi sehingga potensi keilmuan bisa berkembang lebih pesat.

Untuk pengembangan teknologi nuklir ini BATAN tidak mau setengah-setengah. Selain meresmikan laboratorium, BATAN juga akan memberikan pelatihan kepada seluruh guru MIPA SMA negeri di Surabaya yang berjumlah 30 orang untuk mengoperasikan aboratorium tersebut.

Selain peresmian laboratorium pusat iptek nuklir, di kesempatan yang sama SMAN 7 juga melaunching hot spot area dan anjungan internet mandiri. k12, e2

INDONESIAN DISCOVERER/penemu

happynetpandan 23 agustus 2009
Ternyata menjadi bangsa Indonesia di dunia ini cukup membanggakan, karena memiliki putra-putra besar dalam segi ilmu pengetahuan yang tidak kalah dengan mancanegara, berikut daftarnya:
selanjutnya

1. Abdul Jamil Ridho & Niti Soedigdo - Penemu Varietas Unggul Singkong Raksasa
2. Adi Rahman Adiwoso - Penemu Teknologi Baru dalam Telepon Bergerak Berbasis Satelit
3. Alexander Kawilarang - Penemu Kapal Ikan Bersirip
4. Andrias Wiji Setio Pamuji - Penemu Reaktor Biogas
5. Arief Mulyana Djumra - Penemu Pemacu Produktifitas dan Kualitas Udang dan Ikan
6. Aryadi Suwono & Tim Peneliti ITB - Penemu Bahan Pendingin Baru yang Lebih Hemat Energi
7. Ayub S. Parnata - Penemu Bakteri Kompos Organik
8. Bacharuddin Jusuf Habibie - Penemu Teori, Faktor dan Metode Habibie (Teknologi Pesawat Terbang)
9. Budi Noviantoro - Penemu Klip Penambat Bantalan Kereta Api dengan Dua Gigi
10. Dani Hilman Natawijaya - Penemu Indikator Alam (Terumbu Karang) terhadap Siklus Gempa
11. Djuanda Suraatmadja - Penemu Beton Polimer yang Ramah Lingkungan
12. Eddyman, Intan Elfarini & Kanaka Sundhoro - Penemu Obat Antinyamuk Alami dan Murah
13. Evvy Kartini - Penemu Penghantar Listrik Berbahan Gelas
14. Fuad Affandi - Penemu Pupuk Alami dari Air Liur
15. Herman Johannes - Penemu Tungku Berbahan Bakar Briket Arang Kayu dan Dedaunan
16. I Gede Ngurah Wididana - Penemu Formula Minyak Oles Bokhasi
17. I Made Budi - Penemu Formula Sari Buah Merah untuk Pengobatan
18. Lalu Selamat Martadinata - Penemu Alat Pemanggil Ikan
19. M. Djoko Srihono - Penemu Penjernih Air Limbah
20. Maruni Wiwin Diarti - Penemu Senyawa Antimikroba dari Rumput Laut
21. Minto - Penemu Kompor dan Pengering Hasil Tani dengan Tenaga Matahari
22. Mumu Sutisna - Penemu Hormon Penyubur Anakan Padi
23. Mulyoto Pangestu - Penemu Teknik Ekonomis Pembekuan Sperma
24. Neny Nurainy - Penemu Varian Virus Hepatitis B Indonesia
25. Puji Slamet Arif - Penemu Motor Listrik Hemat Energi
26. Rahmiana Zein - Penemu Teknik Pemisahan Cairan dalam Kecepatan Tinggi
27. Randall Hartolaksono - Penemu Formula Kimia Pemadam Api Ramah Lingkungan
28. Rizal & Juffri Sahroni - Penemu Penghemat Bahan Bakar Diesel
29. Robert Manurung - Penemu Minyak Jarak Murni
30. Saverinus Nurak - Penemu Mesin Pompa Tangan Berkekuatan Tinggi
31. Sutjipto & Ryantori - Penemu Konstruksi Fondasi Sarang Laba-laba
32. Sutrisno - Penemu Alat Perangkap Lalat Buah
33. Sedijatmo - Penemu Konstruksi Fondasi Cakar Ayam
34. Septinus George Saa - Penemu Rumus Penghitung antara Dua Titik Rangkaian Resistor
35. Sofin Hadi - Penemu Metode Cincin untuk Sunat Tanpa Luka
36. Sri Wuryani, Mustadjab, Euis M. Nirmala, Siwi Hardiastuti - Penemu Pengawet Aroma dalam Hampa
37. Tjokorda Raka Sukawati - Penemu Landasan Putar Bebas Hambatan Sosrobahu
38. Warsimin Adiwarsito - Penemu Marmer Buatan
39. Widowati Siswomihardjo - Penemu Bahan Baru untuk Gigi Palsu yang Lebih Aman dan Murah
40. Windu Hernowo - Penemu Penghemat Bahan Bakar Mesin
41. Yanto Lunardi Iskandar - Anggota Tim Penemu HIV & Metode Peningkatan Hematopoiesis
42. Yudi Utomo Imardjoko - Penemu Kontainer Limbah Nuklir
43. Zahlul Badaruddin - Penemu Zahlul Integrated Unit (Desain Sistem Efisien untuk Produksi Obat/Kimia)

mungkin segitu dlo deh..klo ada penemu yg laen nambahin ya..^^

Gunung Api Raksasa Bawah Laut Sumatera

happynetpandan 21 agustus 2009
Para peneliti yang terdiri dari gabungan para pakar geologi Indonesia, AS, dan Perancis berhasil menemukan gunung api raksasa di bawah perairan barat Sumatera. Gunung api tersebut berdiameter 50 km dan tinggi 4.600 meter dan berada 330 km arah barat Kota Bengkulu.

Para ahli geologi ini berasal dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, CGGVeritas dan IPG (Institut de Physique du Globe) Paris.

"Gunung api ini sangat besar dan tinggi. Di daratan Indonesia, tak ada gunung setinggi ini kecuali Gunung Jayawijaya di Papua," kata Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam BPPT Yusuf Surachman kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/5).

Gunung api bawah laut berada di Palung Sunda di barat daya Sumatera, 330 km dari Bengkulu, di kedalaman 5,9 km dengan puncak berada di kedalaman 1.280 meter dari permukaan laut. Meskipun gunung ini diketahui memiliki kaldera yang menandainya sebagai gunung api, para pakar mengaku belum mengetahui tingkat keaktifan gunung api bawah laut ini.

"Bagaimanapun gunung api bawah laut sangat berbahaya jika meletus," katanya. Survei yang menggunakan kapal seismik Geowave Champion canggih milik CGGVeritas itu adalah yang pertama di dunia karena menggunakan streamer terpanjang, 15 km, dari yang pernah dilakukan oleh kapal survei seismik.

Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui struktur geologi dalam (penetrasi sampai 50 km) yang meliputi Palung Sunda, prisma akresi, tinggian busur luar (outer arc high), dan cekungan busur muka (fore arc basin) perairan Sumatera.

Sejak gempa dan tsunami akhir 2004 dan gempa-gempa besar susulan lainnya, terjadi banyak perubahan struktur di kawasan perairan Sumatera yang menarik minat banyak peneliti asing.

Tim ahli dari Indonesia, AS, dan Perancis kemudian bekerja sama memetakan struktur geologi dalam untuk memahami secara lebih baik sumber dan mekanisme gempa pemicu tsunami menggunakan citra seismik dalam.

Film Animasi 3D Layar Lebar Pertama Buatan Indonesia

happynetpandan,25 agustus 2009
Film Meraih Mimpi merupakan adapatasi dari buku karya Minfung Ho berjudul Sing to The Dawn. (SuaraMedia News)
Meraih Mimpi akan mulai tayang di bioskop-bioskop pada tanggal 8-9 September 2009.Jakarta (SuaraMedia News) – Indonesia akhirnya berhasil membuat film animasi 3D pertama yang ditayangkan di layar lebar. Film tersebut berjudul Meraih Mimpi yang diproduksi Infinite Frameworks (IFW), studio animasi yang berpusat di Batam.Selengkapnya ↓

“Kami bangga bisa meluncurkan Meraih Mimpi ke pasar Indonesia,” ujar Managing Director IFW, Mike Wiluan, dalam konferensi pers yang berlangsung di Hotel Hyatt, Jakarta, Senin (27/7).

Film Meraih Mimpi sendiri sebenarnya merupakan adapatasi dari buku karya Minfung Ho berjudul Sing to The Dawn. Buku tersebut bercerita tentang kakak beradik yang berusaha melindungi tempat tinggal mereka dari kontraktor penipu.


IFW membuat adapatasi buku Minfung Ho tersebut atas permintaan pemerintah Singapura yang ingin buku wajib baca di beberapa SD di Singapura tersebut dibuat filmnya. Begitu mendapat tawaran, IFW langsung memulai pengerjaan film Sing to The Dawn. Perlu tahu saja dari 150 animator hampir semuanya orang Indonesia dan hanya 5 orang asing.

Pengerjaan dilakukan sepenuhnya di Batam selama tiga tahun dan memakan biaya sebesar 5 juta dollar AS. Setelah film selesai dibuat pada tahun 2008, film Sing to The Dawn mulai didistribusikan ke berbagai negara mulai dari Singapura, Korea, dan Rusia. Sing to The Dawn tidak langsung diluncurkan ke Indonesia karena IFW ingin memperkenalkan Sing to The Dawn ke penonton luar terlebih dahulu.

“Sing to The Dawn tidak langsung kami luncurkan ke Indonesia karena kami ingin meraih international recognizition terlebih dahulu. Setelah itu, kami baru meluncurkan di Indonesia agar masyarakat tahu bahwa ada studio animasi di Indonesia,” jelas Wisnu Triatmojo, Jubir IFW.

Sing to The Dawn baru dilokalisasi ke dalam versi Indonesia pada tahun ini dengan judul Meraih Mimpi. Nia Dinata direkrut untuk membantu proses script writing dan Erwin Gutawa diminta langsung untuk mengkomposisi ulang musik yang akan mengiringi film.

Di samping itu, beberapa artis terkenal seperti Gita Gutawa, Cut Mini, dan Shanty juga terlibat sebagai pengisi suara. Meraih Mimpi akan mulai tayang di bioskop-bioskop pada tanggal 8-9 September 2009, dimulai dari jaringan bioskop XXI Indonesia.(kmp) www.suaramedia.com


0 komentar:

Posting Komentar